Kemping di Musim Hujan, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Wisata168 Dilihat

Meski musim hujan, kemping jalan terus. Kemping di musim hujan bukan hal yang tidak bisa dilakukan. Selama persiapan kemping disesuaikan dan pengetahuan menghadapi hujan saat kemping sudah tempat, maka suasana kemping bakal tetap asyik.

eMYetrans.com – Melihat cuaca saat ini, khususnya di Malang Raya berdasarkan laporan BMKG Jawa Timur, Bulan November – Desember 2023 diperkirakan sudah memasuki musim hujan berkelanjutan. Namun, bagi yang ingin tetap kemping atau berkemah, ada tips yang bisa diterapkan agar rencana kemping berjalan lancar. Lagi pula, sebentar lagi libur Nataru 2024, kan?

Gambaran Buruk Kemping Saat Hujan

Bayangkan air yang menggenang di bawah tenda, untuk duduk bahkan tidur pun menjadi tidak nyaman. Belum lagi kalau tiba-tiba pasak yang menancap ke tanah menjadi longgar dan terlepas. Bisa dipastikan, ini adalah kemping terburuk di musim hujan.

Tenda mungkin bisa dibangun kembali. Masalahnya, jika hujan terjadi di malam hari. Mungkin tenda sudah berhasil didirikan, tapi bagaimana menyalakan perapian? Dingin, lapar, dan basah! Apakah kamu sekuat itu bisa melewatinya hingga esok hari?

Itulah tantangan sekaligus gambaran buruk jika kemping saat hujan. Namun, jangan khawatir. Selama kamu sudah tahu resiko buruknya dan berusaha mengantisipasi sejak awal, gambaran buruk di atas bisa saja menjadi keceriaan.

Peralatan Kemping yang Perlu Dipersiapkan

Peralatan kemping saat musim hujan

Berikut adalah peralatan kemping primer (utama) yang wajib dipersiapkan saat kemping di musim hujan.

  • Tenda double layer. Fungsinya adalah selain menahan air hujan, juga menahan gempuran angin.
  • Flysheet waterproof. Flyshet tahan air bisa melindungi dari hujan. Peralatan ini banyak dijual di marketplace dengan harga mulai Rp.85.000 – 100.000, tergantung lebarnya. Fungsi flysheet adalah sebagai atap tenda. Ketika hujan, flysheet menjadi perlindungan pertama dari guyuran hujan. Selain itu, jika ukurannya cukup luas, berguna juga untuk memberikan ruang sekeliling tenda terlindungi ketika hujan turun. Dengan demikian, bagian bawah tenda akan terlindungi dan kemungkinan air yang bisa merembes ke dalam tenda akan sedikit.
  • Terpal. Bisa digunakan sebagai pengganti flysheet jika belum punya. Namun, dalam artikel ini manfaat terpal saat hujan justru dijadikan alas tenda untuk menghindari air masuk di permukaan bagian bawah. Tidak semua lokasi kemping boleh membuat parit sebagai aliran air, itulah alasan kenapa terpal dibutuhkan. Jika menggunakan alas terpal, pastikan saat memasangnya, di bagian depan pintu tenda lebih luas. Tujuannya adalah, bisa untuk menempatkan pakaian yang basah, sepatu, jas hujan dan lain-lain agar tidak masuk ke dalam tenda.
  • Kantong Plastik. Sepele tapi sangat penting saat kemping di musim hujan. Fungsinya adalah untuk menyimpang barang-barang elektronik, dompet dan lain sebagainya agar tetap dalam keadaan kering.
  • Jas Hujan. Bawalah jas hujan yang tebal karena saat hujan akan memudahkan tubuh anda tetap hangat dan tidak basah. Jas hujan juga akan mempermudah ruang gerakmu untuk beraktifitas di luar tenda.
  • Kompor Kemping / kompor lapangan. Model dan bentuknya macam-macam. Ada yang buatan sendiri dan pabrikan. Tujuannya adalah, ketika hujan deras tak reda-reda, kamu masih tetap bisa memasak. Selain menggunakan kompor lapangan, perlu juga kamu mempelajari teknik menyalakan api ala bushcraft dengan bahan tinder.
  • Sepatu boot anti air. Beraktifitas dengan sepatu boot saat hujan akan melindungi telapak kakimu dari berbagai macam bakteri yang dibawa oleh air.
  • Jaket dan kaos kaki. Jika hujan berkepanjangan, tubuhmu bisa rentan terkena hipotermia. Jaket dan kaos kaki dapat memastikan kondisi tubuhmu tetap hangat.
  • Penerangan senter, head lamp dan lampu badai. Dari ketiga pilihan tersebut, silakan pilih mana yang paling diperlukan dalam kondisi hujan. Jika memiliki ketiganya, semua bisa dibawa karena memiliki fungsi dan daya tahan berbeda.

Pemilihan Lokasi Tenda

  • Usahakan jangan di bawah pohon yang kemungkinan bisa tumbang dari terpaan angin kencang. Pertimbangkan juga batang pohon yang kemungkinan bisa patah dan jatuh menerpa tendamu. Jika terpaksa, carilah batang yang kuat, mengingat kamu juga membutuhkannya untuk mengikat tali penguat tenda atau flysheet.
  • Pilih lokasi tanah landai. Agak miring sedikit agar tenda tidak menjadi genangan air.
  • Jauhi saluran air seperti sungai, tepi danau dan semacamnya. Dikhawatirkan ketika air pasang, selain tendamu terkena luapan air, binatang seperti ular, buaya (jika ada) akan mendatangi tenda.

Aktifitas Menyenangkan Saat Hujan

Baca buku saat kemping
Foto: Baca buku (by Lê Tân on Unsplash)

Saat hujan sewaktu kemping, beberapa tips berikut bisa membuat suasana menjadi menyenangkan. Diantaranya adalah:

  • Baca buku. Aktifitas membaca buku bisa jadi hal yang menyenangkan. Kamu memerlukan head lamp agar aktifitas membacamu tidak bermasalah dengan penerangan.
  • Bermain remi, domino dan semacamnya. Alat permainan tersebut mudah dibawa dan bisa meramaikan suasana saat berkemping.
  • Mendengarkan musik. Cara paling mudah dan simpel adalah mendengarkan musik dari gadget sambil bernyanyi mengikuti alunan nadanya. Pastikan membawa power bank untuk memastikan gadgetmu tetap menyala.
  • Bercerita. Buatlah permainan saling bercerita bergantian. Cerita-cerita lucu akan jauh lebih baik untuk membuat suasana menyenangkan.

Itulah tips kemping dimusim hujan dan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat menuju lokasi kemping. Jika artikel ini bermanfaat, bantu share ya ke teman-temanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed